Aplikasi Cek Bansos, Permudah Melihat Kepesertaan Bantuan Sosial

Aplikasi Cek Bansos merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk melihat kepesertaan bansos atau bantuan sosial contohnya seperti PKH, BPNT, serta BST. Para pengguna bisa melihat dengan langsung daftar penerima bantuan sosial yang ada disekitar wilayah administrasi serta bisa memberikan usulan dan sanggahan penerima bantuan yang dianggap kurang layak.

Selain itu penggunanya bisa mengusulkan tetangga maupun diri sendiri yang dianggap layak untuk masuk dalam DTKS serta dapat menerima bantuan sosial dari pemerintah tersebut.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Cek Bansos

Kemensos atau Kementerian Sosial sudah meluncurkan aplikasi cek bantuan sosial sebagai salah satu bentuk transparansi penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. Dengan adanya aplikasi tersebut maka masyarakat bisa melakukan cek penerima bansos dari Kemensos.

Dalam aplikasinya sudah tersedia fitur cek bansos Kemensos dengan cara memasukkan nama sesuai dengan identitas atau KTP serta wilayah administrasi domisili. Nantinya dalam aplikasi tersebut akan muncul data penerima bantuan sosial Kemensos sesuai dengan nama serta wilayahnya administrasi yang dicari.

Selain itu juga dengan melalui apk itu maka masyarakat diharapkan mampu untuk menambahkan usulan ataupun memberikan penyanggahan penerima bansos. Kemensos sudah mengembangkan menu yang terbaru yakni bernama Usulan Sanggahan.

Menu tersebut hadir dan dikembangkan sebagai salah satu bentuk terobosan terbaru dari Kemensos untuk mengatasi segala permasalahan data penerima bantuan sosial yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

Contohnya seperti penyaluran bantuan sosial Kemensos yang tidak benar maupun tepat sasaran, dimana orang yang berhak mendapatkan bantuan malah tidak mendapatkan justru sebaliknya.

Maka dari itu dengan adanya fitur Usulan Sanggahan masyarakat dapat menyalurkan pendapat serta bisa berperan aktif di dalam melakukan pengawasan penyaluran bantuan sosial tersebut.

Masyarakat bisa memberikan sanggahan yang sesuai apabila menemukan sejumlah kejanggalan oleh penerima bansos di wilayah administrasinya yang dianggap kurang layak untuk menerima. Nah, sebaliknya masyarakat juga bisa mengusulkan penerimaan jika terdapat masyarakat yang berhak untuk menerima bantuan sosial dari Kemensos akan tetapi yang belum mendapatkan.

Berbagai usulan dari masyarakat dan pengguna Aplikasi Cek Bansos sangat Kementerian Sosial harapkan. Sehingga tahu siapa saja orang-orang yang berhak dan tidak berhak untuk mendapatkan. Jadi tidak ada juga masyarakat nantinya yang merasa tidak dianggap sebab dirinya kurang mampu tapi tidak diberikan bantuan dan Kementerian malah memberikan kepada orang yang lebih layak.

Lalu siapa saja yang berhak untuk menerima bansos dari Kemensos? Sebenarnya target utama dari adanya program tersebut adalah anak-anak dari keluarga miskin serta ibu hamil.

Tujuannya yakni supaya mereka dapat mengakses fasilitas pendidikan serta kesehatan yang lebih layak. Perlu untuk Anda pahami bahwa maksimal hanya terdapat empat kategori per keluarga yang dapat menerima bansos.

Kalau dalam keluarga ada lebih dari empat kategori tersebut maka lainya tidak bisa dilanjutkan untuk penerimaan. Nah, sebelum Anda mendaftarkan diri untuk menerima bantuan maka terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi antara lain.

  1. Harus Anggota KPM PKH

Para penerima Bansos PKH tidak boleh sembarang orang, sebab harus mereka yang sudah jadi anggota dari KPM PKH. Hal ini bertujuan untuk mendorong upaya manfaat dari PKH hanya diberikan pada mereka yang sudah benar-benar layak untuk menerima nya.

  1. Karakteristik Keluarga

Keluarga yang boleh mendaftarkan diri untuk menerima bansos PKH yakni keluarga yang rentan miskin atau miskin. Artinya tidak hanya keluarga yang miskin saja tetapi juga keluarga yang terancam miskin dengan gampang (sebab berbagai hal) juga berhak untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon penerima bansos.

Jadi kalau Anda merasa sebagai keluarga yang rentan miskin ataupun miskin maka segeralah untuk mendapatkan diri dengan Aplikasi Cek Bansos Kemensos yang sudah Kementerian sediakan.

Lengkapi segala persyaratan yang diperlukan supaya proses pendaftarannya dapat berjalan dengan lancar dan Anda segera bisa mendapatkan bantuan sosial tersebut.

  1. Wajib Mempunyai Usaha

Persyaratan berikutnya yang harus dipenuhi yakni penerima bansos wajib mempunyai usaha. Apapun itu jenis usaha yang dimiliki, contoh seperti penjahit, kuliner, pertanian, peternak dan lainnya.

Besaran Bansos yang Akan Diterima Berdasarkan Kategori

Besaran bantuan sosial yang akan diterima pada tahun 2022 ini berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penerima bansos. Nah, berikut ini daftar nominal yang akan diterima sesuai dengan kategori antara lain.

  • Ibu Hamil atau dalam masa nifas nominal yang akan diterima Rp 3.000.000 per tahun (Rp 750.000 per 3 bulan)
  • Anak-anak usia dini 0 sampai 6 tahun nominal yang diterima Rp 3.000.000 per tahun (Rp 750.000 per 3 bulan sekali)
  • Pendidikan SD/sederajat nominal yang diterima Rp 900.000/ tahun (Rp 225.000 per 3 bulan)
  • Pendidikan¬† SMP/ sederajat nominal sebesar Rp 1.500.000/ tahun (Rp 375.000 per 3 bulan)
  • Pendidikan SMA/ sederajat nominalnya Rp 2.000.000/ tahun Rp 498.000 per 3 bulan)
  • Disabilitas tingkat berat nominal yang akan diterima Rp 2.400.000/ tahun (Rp 600.000 per 3 bulan)
  • Orang lanjut usia 60 tahun keatas nominal yang diterima Rp 2.400.000/ tahun (Rp 600.000 poer 3 bulannya)

Cara Daftarkan Sebagai Penerima Bansos Lewat Aplikasi

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos dengan melalui Play Store
  2. Jika belum terdaftar maka Anda perlu melakukan registrasi dahulu
  3. Menyiapkan KK, KTP, serta NIK ketika melakukan registrasi
  4. Setelah berhasil, Anda bisA mengakses menu pada aplikasi tersebut
  5. Pilih menu Tanggapan Kelayakan
  6. Bisa juga pilih untuk Daftar Usulan
  7. Data yang sudah berhasil diusulkan akan memuat nama, NIK, status kesesuaian Dukcapil, serta kesesuaian wilayah pengusulan KK

Bantuan sosial yang berasal dari Kementerian Sosial sangat diharapkan oleh semua masyarakat. Maka dari itu untuk menunjang hal ini Kemensos menghadirkan Aplikasi Cek Bansos yang akan mempermudah kepesertaan bansos. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mendaftarkan diri maupun untuk memberi sejumlah sanggahan penerimaan yang berhak maupun kurang berhak untuk mendapatkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *